Abu Abbas Ahmad bin Muhammad bin Utsman Al- Azdi

Dikenal dengan nama Ibnu Al-Banna’atau Ibnu Al-Banna’ Al-Marakasyi. Ibnu Al-Banna’ adalah seorang fakih, ahli matematika dan perbintangan senior. Dia dilahirkan pada tahun 654IJ (1,256 M) dan wafat di Marakisy pada tahun 721’H (L321M).

Ibnu Al-Banna’ telah menulis tujuh puluh buku tentang matematika, arsitek, aljabar dan perbintangan. Namun sangat disayangkan, mayoritas karya tulisnya telah hilang.
Bukunya yang palingberharga adalah ‘Talkhish A’mal Al-Hisab.” Sebuah buku terbaik yang pernah terbit dalam bidang ilmu matematika. Dalam surat yang diajukan olehahli matematika Perancis yang bernama Shell kepada Akademi Perancis pada tahun enam puluhan, abad
kesembilan belas, dia menjelaskan bahwa sebagian ahli matematika Barat telah menukil isi buku “Talkhis” karya Ibnu Al-Banna’ lalu mereka mengklaimnya sebagai penemuan mereka sendiri.
Ibnu Al-Banna’ juga memPunyai sebuah karya tulis yang berju dul ” Risalah Fi Al-ludzur Ash-Sham Wa lam’uha W a Tharhuha” dam ” Risalah F i Al-Misahat.” Diantara karya tulisnya dalam biding perbintangan adalah ” T ahdid Al-Qiblah, Al- Astharlab w a lsti’ maluh” dan
” As-Sayyarah Fi Taqwim Al-Kawakib As-Sayyarah.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *